Minggu, 30 Mei 2010

Cara Belajar Efektif

Gue cma mo sharing tentang pengalaman gue dulu belajar sewaktu SMA. Moga tulisan nieh bermanfaat yach..
Dulu sewaktu gue masih SMA, gue suka belajar sebelum gurunya nerangin. Mang sih waktu itu gue agak kesulitan juga coz masih peralihan dari gue yang nakal banget (bayangin aja, gue cuma dapat peringkat di barisan terakhir mulu sewaktu masih SMP) menjadi pribadi yang pintar...hehehe. Oke, kita langsung bahas gimana gue belajar dulu.
Sebelum guru kita menerangkan tentang suatu pelajaran, misalnya senyawa hidrokarbon, maka saya coba untuk belajar terlebih dahulu. Saya terus berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memahami pelajaran tersebut.Minimal kita sudah berusaha untuk memahaminya. Jika ada poin-poin yang tidak dimengerti, buatlah sejumlah pertanyaan mengenai hal tersebut untuk ditanyakan nanti ketika guru kitan menjelaskan pelajaran tersebut.
Setelah kita berusaha untuk belajar mandiri, ketika guru menerangkan pelajaran tentang minyak bumi, kita berusaha untuk selalu fokus terhadap apa yang dijelaskan oleh guru kita. Jika masih ada yang belum dimengerti jangan sungkan untuk ditanyakan. Dan jangan lupa buat cacatan singkat yang mudah kita pahami dan berguna untuk m engingat apa yang dijelaskan oleh guru kita tadi.
Selepas pulang sekolah, kita istirahat yang cukup (tidur siang misalnya). Setelah itu, kita buat sebuah ringkasan dari pelajaran yang telah disampaikan oleh guru kita.Buatlah ringkasan yang dapat mengingatkan kita terhadap apa yang telah disampaikan oleh guru kita. Kemaslah ringkasan tersebut dengan unik, seperti buku telepon misalnya atau buku diary. 
Teman-teman ingin tahu seberapa manfaatnya? Manfaatnya adalah kita akan selalu ingat materi tersebut selama sebulan lebih tanpa belajar lagi... Jika kita akan menghadapi ulangan/tes sekolah maka kita tinggal baca ringkasan yang kita buat tadi. Insyallah, kita akan mudah mengerti dan ingat kembali. So, tidak perlu belajar SKS lagi, alias sistem kebut sekarang bukan semalam lagi....hehehehe
Semiga bermanfaat sobat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar