Kamis, 17 Juni 2010

My research

Sobat semuanya, saya ingin sharing mengenai penelitian yang akan saya lakukan. Penelitian saya berjudul "Studi Karakterisasi Selulosa Asetat dari Tongkol Jagung". Mengapa saya ambil bahan sumber selulosa dari tongkol jagung? Jawabannya, tongkol jagung merupakan limbah pertanian yang masih minim pemanfaatan. Pemanfaatan yang sudah dilakukan hanya sebatas sebagai pakan ternak alternatif atau bahan bakar alternatif. Tongkol jagung dengan kandungan selulosa yang mencapai 45% sangat potensial untuk digunakan sebagai bahan baku sintesis selulosa asetat. 
Mengapa selulosa asetat yang disintesis? Jawabannya, selulosa asetat merupakan turunan selulosa yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat selulosa asetat di antaranya adalah sebagai membran ultrafiltrasi dalam pemisahan, plastik biodegradable, tekstil, filter rokok, plastik, film fotografi, lak, dan pelapis kertas
Untuk mengetahui apakah selulosa asetat dari tongkol jagung layak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan khususnya di bidang industri, maka saya merasa perlu untuk melakukan sebuah kajian/studi karakterisasi selulosa asetat dari tongkol jagung. Karakter yang dikaji antara lain, yaitu spektrum FT-IR, derajat subtitusi, berat molekul dengan viskometer Oswaltd, tensile strength, dan derajat kristalinitas dengan XRD. Karakter yang diperoleh dapat menunjukkan kualitas selulosa asetat tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar